Merdeka


MERDEKA.......!!!!

Perjuangan kita dalam hidup ini tidak terbatas hanya pada perjuangan untuk mempertahankan hidup. Tapi juga memperjuangkan cita – cita atau apa yang kita anggap benar atau mulia atau juga berharga.Sesuatu yang kasat mata maupun yang tidak biasa berupa nilai – nilai, prinsip, suatu barang ataupun seseorang yang kita cintai.

Ya, setiap orang pasti memiliki naluri untuk bertahan hidup. Malahan semua makhluk hidup juga. Kita bekerja keras tak kenal waktu unutk menghasilkan uang dan kehidupan yang layak. Orang tua kita sibuk mencari nafkah untuk menghidupi dan menyekolahkan kita, para pengamen di jalan, pedagang asongan, peminta – minta, pedagang dipasar, petani, buruh, guru, tentara, polisi, pegawai negeri, pewirausaha, dll yang tidak bisa habis disebutkan.

Juga kita berusaha untuk memperjuangkan prinsip, apa yang kita anggap benar. Mahasiswa yang berusaha unutk tidak mencontek dalam ujian, pejabat yang berusaha untuk tidak korupsi, orang yang menyisihkan sebagian rejekinya untuk sedekah, pacar yang tidak selingkuh, orang yang melakukan jihad, teroris yang meledakan bom bunuh diri, dan hal – hal besar atau kecil lain dalm hidup kita.

Kita berjuang karena tidak ada hal yang kita inginkan yang datang begitu saja. Seperti halnya tidak mungkin mendapat nilai yang bagus tanpa belajar. Artinya perjuangan kita selalu menuntut usaha dan pengorbanan. Kadangkala perngorbanan yang diminta sederhana, mungkin hanya sedikit waktu dan dan perhatian kita untuk sahabat atau pacar. Namun ada kalanya pengorbanan itu meminta darah dan air mata. Seperti perjuangan para pahlawan di tahun 1945 yang mengorbankan harta, keluarga, dan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia.

BAGAIMANA DENGAN KITA SENDIRI SAAT INI ???

APAKAH KITA SUDAH MEMPERJUANGKAN HIDUP DAN CITA – CITA KITA ?? APAKAH KITA SUDAH BERKORBAN SLURUH JIWA DAN RAGA UNTUK APA YANG KITA INGINKAN DAN APA YANG KITA ANGGAP BENAR ??

Setiap orang pasti memiliki cita – cita atau imipian dalam hidupnya. Ketika kita masih kecil dan di tanya ingin jadi apa ketika dewasa, dengan lantang kita bisa menjawab “ ingin jadi dokter “ atau “ ingin jadi pilot “ bahkan mungkin “ ingin menjadi seperti ayah / ibu “. Sekarang ketika kita mulai beranjak dewasa, bagaimana dengan cita – cita kita tadi ?? Apakah hanya sekedar menjadi impian yang terlupakan??Atau sedang kita wujudkan?Atau sudah terwujud?Usaha apa saja yang sudah kita lakukan demi cita – cita itu ? Pengorbanan apa saja yang sudah kita berikan ?? Jangan sampai kita hanya berani berangan – angan namun tidak memiliki keberanian untuk mewujudkannya.

Saya hanya bisa bilang bahwa kenyataannnya tidak ada yang mudah dalam hidup ini. Setiap keinginan kita pun pasti menimbulakn penderitaan dan perjuangan untuk menggapainya. Hanya saja sisihkan waktu untuk merenungkan, apakah cita – cita itu memang sedemikian berharga untuk di perjuangkan?? Jika ya,,berarti ada konsekuensi yang harus kita tanggung untuk itu, ada harga yang harus di bayar. Berarti harus ada usaha dan pengorbanan. Jika memang demikian, sudah siapkah kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@ppikotacirebon