Upacara Hari Pendidikan Nasional ( 02 Mei 2013)

Untuk memajukan Dunia Pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi Rakyat Indonesia secara keseluruhan semakin terbuka dan dapat segera terwujud hal itu dikatakan Walikota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, MM pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2013, Kamis, ( 2/ 5 ) di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon. Pada kesempatan tersebut Walikota Cirebon membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya yakni; 1. Kemiskinan, 2. Ketidaktahuan dan 3. Keterbelakangan Peradaban. Bagaimana caranya menaikan daya tahan sosiaL agar terhindar dari ketiga macam penyakit sosial tersebut ? jawabanya adalah pendidikan oleh karena itu, pendidikan dapat menjadi vaksin sosial. Selain sebagai vaksin sosial, pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial. Menurutnya dua hal itulah yang melatarbelakangi tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, yaitu “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”. Menurut Drs. H. Ano Sutrisno Kita memerlukan vaksin & elevator sosial itu sehingga kita terhindar dari ketiga penyakit tersebut serta mampu meningkatkan status sosial. Tema itu merupakan cerminan dari jawaban terhadap tantangan, persoalan dan harapan seluruh masyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik. Layanan Pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prisip pendidikan untuk semua (Education for all) tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi, dan kewilayahan.
Lebih jauh dikatakan Walikota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, MM  Akses pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan satuan pendidikan dan keterjangkauan dari sisi pembiayaan . Untuk itu, Pemerintah terus menerus menyiapkan ketersediaan satuan pendidikan yang layak, termasuk didalamnya pengiriman guru melalui program sarjana mendidik di daerah. Selain itu juga Pemerintah Pusat telah menyiapkan Bantuan Operasional (BOS) untuk pendidikan dasar & menengah,bantuan operasional Perguruan Tinggi Negeri, Bantuan siswa miskin dan beasiswa pada tahun 2013 ini, telah disiapkan anggarannya.
      Wakil Walikota Cirebon Drs.Nasrudin Azis, SH., Sekretaris Daerah Kota Cirebon Drs.H. Hasanudin,MM, Para Muspida Kota Cirebon, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Anwar Sanusi, Para Kepala Sekolah serta Dinas yang terkait ikut hadir dalam upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kota Cirebon.
Diakhir acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2013 Walikota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, MM dan Wakil Walikota Cirebon Drs.Nasrudin Azis, SH. Memberikan bea siswa pada tahun 2013 sebanyak 129 sekolah yang terdiri :1. SD sebanyak 115 Sekolah, 2. SMP sebanyak 10 Sekolah dan SMA sebanyak 4 sekolah. Selain itu Walikota  Cirebon menyerahkan Piagam penghargaan serta Piala kepada para atlit yang berprestasi Tingkat Nasional, juara Olimpiade Sains tingkat SMA, juara lomba Seni tingkat Nasional serta Guru Berprestasi Tingkat Kota Cirebon.
Pada acara tersebut juga Walikota Cirebon dan Wakil Walikota Cirebon menyempatkan untuk berphota bersama dengan Unsur Muspida Kota Cirebon  serta para Siswa Berprestasi didampingi oleh Sekda Kota Cirebon dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@ppikotacirebon