Hari Kesadaran Nasional 2018


CIREBON- Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon diminta untuk terus meningkatkan soliditas dan sinergitas. Terutama agar pelaksanaan pilkada yang tinggal menghitung waktu bisa berjalan dengan lancar di Kota Cirebon.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si, saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kota Cirebon, selasa, 17 April 2018 di alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon mengingatkan kepada setiap ASN untuk selalu mematuhi amanah UU No 5 tahun 2014 bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi dari semua golongan dan partai politik.
Namun di sisi lain, pemerintahan, termasuk pemerintah daerah juga wajib mematuhi amanah UU No 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. “Dalam pasal 133 A disebutkan jika pemerintahan bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah,” ungkap Dedi. Ini berarti seluruh unsur pemerintahan di daerah, termasuk di dalamnya ASN juga harus berpartisipasi aktif untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak Juni 2018 mendatang.
Pilkada di Kota Cirebon akan diselenggarakan di 653 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 22 kelurahan di Kota Cirebon. “Tantangan kita saat ini adalah bagaimana memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemilu merupakan pesta demokrasi yang menyenangkan dan tidak menegangkan,” ungkap Asep. Sehingga nantinya mereka akan dengan senang dan dengan kesadaran tinggi akan menggunakan hak pilih mereka dalam pilkada Juni 2018 mendatang.
“Salah satu sukses pilkada paramaternya diukur dari seberapa banyak tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” ungkap Asep. Karena itu, Asep meminta kepada setiap ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas agar setiap program, jadwal dan kegiatan pemilu sebagai instrumen demokrasi yang diselenggarakan 5 tahunan dapat berjalan dengan baik, sukses dan sesuai dengan rencana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@ppikotacirebon