Kunjungan PASKIBRAKA 2019 ke rumah Almh. Ibu Olly Sastra Pengibar Bendera Merah Putih Pertama di Cirebon

Cirebon - Paskibraka 2019 berkesempatan untuk mengunjungi kediaman rumah Almh. Ibu Olly Sastra, Minggu 18 Agustus 2019. Sambutan luar biasa ketika kami berkunjung ke rumahnya, kami diterima oleh anaknya Almh. Ibu Olly yaitu Ibu Esti.



Ibu Esti menyipakan hidangan Khas keluarga Ibunda, yaitu Cemplungan bersama kami Ibu Esti juga sudah menyiapkan Bolu HUT ke 74 Republik Indonesia. 


Nama Olly Siti Soekini atau yang akrab disapa Olly Sastra mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Cirebon. Padahal, Olly adalah tokoh penting dalam pengibaran Bendera Merah Putih pertama kalinya di Kota Cirebon.
Saat itu, tepatnya tanggal 18 Agustus 1945, Olly mendengar kabar bahwa Indonesia sudah merdeka. Bersama kawan-kawannya, Olly mengibarkan Bendera Merah Putih hasil jahitannya sendiri di halaman Gedung Djawa Hookookai di Jalan Pekalipan nomor 106 Kota Cirebon.
Sayangnya, aksinya tersebut ketahuan oleh tentara Jepang. Bendera tersebut kemudian dibakar oleh tentara tersebut. Beruntung, bendera tersebut berhasil diselamatkan oleh Olly, meskipun dirinya mendapatkan penganiayaan dari tentara Jepang.
Dikediamannya ibu Esti anak bungsu dari pasangan Olly Sastra dan Soetopo  bercerita tentang sejarah kemerdekaan Indonesia di wilayah Cirebon. Esti mewarisi semangat perjuangan ibunya,


Olly meninggalkan sejumlah dokumen saat memperjuangkan kemerdekaan kepada anak-anaknya, termasuk Esti. Salah satu peninggalan Olly Sastra yang fenomenal adalah bendera Merah-Putih pertama yang dikabarkan di Kota Cirebon. Esti merupakan anak bungsu dari pasangan Olly Sastra dan Soetopo. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@ppikotacirebon