Plh Sekda Imbau Paskibraka Harus Memiliki Jiwa Patriotisme

Plh Sekda Kota Cirebon H Anwar Sanusi SPd MPd memberikan pembekalan sekaligus memotivasi kepada 30 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2019 tingkat Kota Cirebon.
“Kegiatan ini memiliki arti penting, supaya mereka mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin dan percaya diri dalam rangka pengibaran sang merah putih pada 17 Agustus 2019,” ujar Anwar usai pelaksanaan kegiatan pembukaan Gladian Sentra Daerah Calon Anggota Paskibraka tahun 2019 di Balaikota Cirebon, Rabu (7/8).


Pada pemusatan latihan ini, para peserta diberikan pembinaan mental, pembinaan fisik, serta membentuk jiwa korsa setiap calon anggota Paskibraka. Pemusatan ini juga akan membina sikap tertib, disiplin dan membentuk jiwa kepemimpinan. Selain itu, kata Anwar, bertujuan memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme dan jiwa patriotisme dan memupuk rasa cinta terhadap tanah air. “Ini penting bagi para pemuda sebagai salah satu unsur penerus cita-cita perjuangan bangsa,” katanya.

Anwar juga meminta anggota Paskibrakan untuk meningkatkan nasionalisme, serta mengisi dan mensyukuri nikmat kemerdekaan dan mempertahankan NKRI. “Bahwa wujud dari kegiatan ini lebih menyentuh pada jiwa patriotisme yang kokoh dan semangat pengorbanan, sehingga dapat tertanam dalam kehidupan sehari-hari, cinta tanah air dan menghargai para pahlawannya,” jelasnya.


Anwar menekankan, butuh persiapan matang agar sukses dalam menjalankan misi pengibaran bendera merah putih pada peringatan detik-detik proklamasi nanti. Para peserta Paskibraka, sebutnya, harus mampu mengemban tugas dengan baik. Sebab, menjadi pasukan pengibar bendera merupakan suatu kehormatan dan tidak semua orang memiliki kesempatan itu. “Kami minta peserta mengikuti pembekalan dan pelatihan dengan baik, menyiapkan mental sehingga dapat maksimal pada pelaksanaan nanti,” imbuhnya.
Ketua Pelaksana Gladian Agus Setiadiningrat menambahkan, sebelumnya anggota Paskibraka telah melalui sejumlah tahapan. Dimulai dari tahapan seleksi, pradiklatsar, diklatsar hingga sekarang masuk ke tahap gladian sentra mulai dari 8-18 Agustus 2019.

Mereka yang dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka selama masa gladian akan fokus menjalani pembekalan baik materi baris berbarirs, sikap moral dan mental untuk menjalankan tugas negara berupa penaikan dan penurunan bendera merah putih tahun ini. “Jadi sementara komunikasi dengan dunia luar dihentikan agar peserta lebih fokus,” katanya.
Diungkapkan Agus, jumlah peserta awalnya 150 orang. Setelah diseleksi menjadi 32 orang. “Tapi kemudian ada 2 orang yang terpilih mewakili Kota Cirebon menjadi Paskibra Provinsi Jabar. Jadi kini hanya tinggal 30 orang saja yang mengikuti gladian sentra daerah,” tandasnya

Source : Radar Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@ppikotacirebon